Cari Kost Mahasiswa Harus Tau Tipsnya Disini

Bagi Mahasiswa, cari kost atau kamar kost yang memang khusus untuk mahasiswa bukanlah pilihan yang gampang. Kos-kosan untuk mahasiswa bukan sekedar melihat dari fasilitasnya saja, ada kalanya harus melihat sisi lingkungannya.

Alih-alih ingin menempati kost yang nyaman tapi malah justru menempati kost yang kurang nyaman karena masalah keamanan.

Yah, keamanan dan lingkungan kost untuk mahasiswa perlu dipertimbangkan untuk kuliah di luar daerah.

Orang tua sangat menginginkan anaknya agar sukses dan wisuda dengan predikat yang memuaskan adalah kebanggan tersendiri. Namun apa jadinya jika seorang mahasiswa justru jatuh dalam lingkungan yang salah?

Salah satu penyebabnya adalah kost yang mereka tempati memiliki lingkungan yang kurang baik.

Untuk itu carikost.id akan memberikan beberapa tips penting bagimana mencari kost yang tepat bagi mahasiswa.

Tips Cari Kost Bagi Mahasiswa

Tips Cari Kost Bagi Mahasiswa

Kos-kosan adalah salah satu hal yang wajib dipertimbangkan sebelum memutuskan untuk kuliah luar kota. Namun, cukup ribet juga untuk mencari tempat kost yang cocok bagi mahasiswa

Tentunya Kamu juga kadang melakukan survei dong ke setiap tempat yang belum tentu pas. Tapi bagaimana jika Kamu sudah menemukan kost justru malah kurang tepat dengan persediaan masa depan Kamu?.

Nah langsung saja, ada beberapa hal dan tips yang harus Kamu ketahui dalam mencari kost:

#1 Jarak dengan Kampus Kamu

Hal pertama yang harus diperhitungkan adalah jarak kost dengan lokasi kampus.

Kalau kamu memiliki kendaraan pribadi ke kampus, kamu bisa memilih kost yang lebih jauh dari kampus. Mencari kost bagi mahasiswa yang jauh dari kampus akan memiliki biaya yang murah. Asalkan jangan terlalu jauh yah.

Namun sebaliknya jika kamu memilih untuk berjalan kaki ke kampus maka ada baiknya mencari kost yang dekat dengan kampus juga.

Hanya saja kalau memang kamu kepengen kurus alias diet karena berjalan jauh yah boleh juga pilih tantangan kost yang agak jauh dari kampus kamu.

#2. Cari Teman Kost Kamu

Kost sendiri tentunya akan lebih mahal.

Tapi beda jika Kamu kost dan tinggal sekamar dengan teman, biayanya pasti akan dibagi. Coba tanyakan teman SMA atau Kerabat daaaan eits jangan pacar yah, jangan sampai malah kena razia.

Coba tanyakan teman SMA kamu ada gak yang mau kost dengannya, jangan malu untuk menanyakannya langsung. Memiliki teman sekamar juga pasti ada suka dan dukanya, Kamu akan mendapatkan teman curhat dan teman jalan bareng.

Kebayangkan kalau belum punya pacar terus ngomong sama dinding tiap hari.

Tapi Kamu juga harus hari-hati dalam memilih teman sekamar.

Baca Juga 10 Kost Terdekat di Jakarta Dari Kampus UI.

#3 Sesuaikan Dengan Keuangan

Sumber keuangan untuk pembayaran kost kamu dari mana?. Jika kamu sudah mandiri membayar kost dari uang sendiri bisa menyesuaikan dengan pendapatan kamu. Pun sama dengan jika kamu masih ditanggung sama orang tua.

Cari kost yang betul-betul hemat bagi mahasiswa juga perlu pertimbangan yang matang.

Contohnya, kalau budget kamu 1 juta per bulan, kamu bisa masukin aja kos-kosan yang kelihatannya mewah.

Tapi kalau masih di bawah 500ribuan, cobalah menghemat dengan kost-kost yang sederhana saja. Ini akan mengurangi beban tahan lapar ketika hanya ada mi instan yang tersedia.

#4 Ketahui Lingkungannya

Cari tempat kost yang lingkungannya aman dan nyaman apalagi Mahasiswa seperti kamu jika memilih untuk fokus dalam belajar.

Lingkunan yang aman dan nyaman juga harus ditunjang dengan letak strategisnya. Misalnya, tempat ibadah, tempat fotocopy, warung makan atau penjual makanan. Hal ini penting untuk kesejahteraan hidup kamu selama jadi anak kos.

Sebagai Mahasiswa dari luar kota, Kamu juga harus tetap beribadah.

#5 Lihat Fasilitas dan Aturannya

Kenyamanan lingkungan sudah, keamanan lingkungan juga sudah.

Lalu bagaimana dengan kenyamanan kamar dan aturan kost-nya?. Kadang ini menjadi hal sepele bagi para Mahasiswa tapi sebenarnya justru malah menjadi hal penting.

Dalam mencari kost yang tepat untuk Mahasiswa, Kamu harus mengetahui fasilitasnya apalagi ataurannya seperti:

  • Aturan jam malam, Mahasiswa kadang kualiah hingga larut malam karena Dosen terbang yang bertitle Profesor kadang hanya bisa memberikan materi di malam hari. Untuk itu Tanyakan ke pemilik kos ada jam malam atau tidak? Kalau ada jam berapa? Gak enak dong, kalau di tengah jalan nanti kamu dimarahi ibu kos gara-gara kamu pulang malam dan kamu ternyata gak tahu di kos kamu itu punya jam malam.
  • Kamu juga harus tahu berapa luas kamar kost.
  • Kamar mandinya ada diluar apa di dalam?
  • Apa sudah tersedia AC, meja, lemari pakaian atau kasur. Sesuaikan dengan budget kamu
  • Kalau kamu males bersih-bersih, tanyakan petugas kebersihannya.
  • Biayanya sudah termasuk listrik sama air belum?
  • Kostnya campur atau khusus untuk cewek/cowok saja?.

Selanjutnya Baca 10 Kost Dekat Kampus UI Salemba.

#6 Gunakan Aplikasi Cari Kost untuk Mahasiswa

Yang ini lebih komplit lagi nih, ada banyak aplikasi di Google Playstore ataupun yang berbasis website yang bisa kamu gunakan.

Pencarian kamar kost menggunakan aplikasi akan lebih mendetail lagi mengenai fasilitas dan lokasinya.

Contohnya saja website Carikost.id yang memiliki ratusan listingan kamar kost mulai dari harga pelajar hingga biaya kost mewah.

Fasilitasnya jangan diraukan lagi deh, belum lagi kamu akan ditemenin untuk visit ke lokasi kost agar lebih aman mencari kost dan lokasinya.

Hal-hal diatas tentunya tiap daerah beda-beda yah. Karena aturan budaya juga kadang berlaku misalkan saja di Bali atau Aceh.

Jika Kamu mengikuti tips di atas maka mimin pastikan kamu gak akan salah pilih deh.

Nah, itulah di atas 6 tips cari kost untuk kamu yang mau berstatus atau sedang berstatus Mahasiswa. Sangat penting untuk diketahui.

Jika Kamu ingin mencoba aplikasi cari kost yang populer dan beragam promo diskon kost menarik, bisa klik tombol di bawah ini:

Aplikasi Cari Kost

About Carikost.id

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *